Senin, 21 November 2011

Mengenal Domain

Sebagai pengguna internet, sedikitnya kita harus tahu istila-istila yang digunakan pada masyarakat internet. Seperti istila Client, Host, ISP, IP, Domain, Server..Dan banyak lagi.!
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Domain dan hal yang terkait dengan domain.

Komputer yang dapat digunakan dalam hubungannya dengan internet yang memukinkan komputer lain menggunakannya untuk memperoleh hak akses ke internet di sebut dengan Host.
Komputer Host ditandai dengan nama yang di sebut nama domain dan nomor yang di sebut IP Address.
Ada tiga elemen penting dalam nama domain atau alamat internet yaitu :
IP Address atau Alamat internet Protokol
  • Setiap host di internet memiliki alamat khusus yang di sebut internet protokol (IP) yang registrasinya di atur oleh pengelolah internet, sehingga tidak terjadi kesamaan alamat IP.
    Alamat IP tersebut terdiri dari 4 bagian nomor yang masing masing di pisahkan dengan tanda titik atau dot. Setiap mesin server jaringan internet mempunyai nomor tersebut dan nomor tersebut di gunakan sebagai tanda untuk mencari dan bekerja di host tertentu.
    Sebagai contoh :
    Sebuah server provider (sub-net) "solonet" mempunyai alamat IP : 202.155.0.10 karena jumlahpemakai atau pengunjung ke dalam host di mungkinkan berjumlah banyak, maka nomor IP yang di sediakan ada 2, satu sebagai primary dan satu sebagai secondary.

Nama Domain
  • Selain nomor IP setiap host juga menyediakan nama-nama domain sehingga lebih mudah di ingat daripa harus mengingat nomor IP. Antara nomor IP dan nama domain mempunyai maksud sama dan dapat di pertukarkan dengan menggunakan salah satunya.
    Sebagai contoh :
    Sebuah server provider (sub-net) "solonet" mempunyai nama domain : www.solo.net.id

Organisasi nama Domain
  • Karena jumlah nama domain yang begitu banyak, untuk menghindari kesamaan nama dari suatu nama domain, maka pengelolah internet mengorganisasi penamaan internet dengan menggunakan istila-istila seperti com yang artinya untuk host commercial, edu untuk host education, dan lain sebagainya.

Penulisan yang mengacu pada pengorganisasian nama domain tersebut di tulis sebagai berikut :
Nama pertama menandakan nama domain, misalnya bumi, nama selanjutnya menandakan jenis host misalnya net, artinya sub-net dan kode Negara di mana host itu berada, misalnya id yang artinya Indonesia.
contoh jenis dan kode Negara host :
Bumi.net.id dapat di artikan sebagai suatu host dengan nama bumi, dengan jenis sub-net(net), dan host berada di Indonesia(id).

Semoga bermanfaat..!!

0 komentar:

Posting Komentar