Kamis, 24 November 2011

Jenis Sambungan Internet

Layana internet yang tersedia tidak terbatas pada pemakai , tetapi sangat tergantung dari penyedia hubungan anda atau ISP yang anda pakai .apakah ISP tersebut menyediakan fasilitas WWW, e-mail, FTP ,Chat, atau lainya.
Selain itu, keterbatasan layanan internet juga bias di pengaruhi oleh model sambungan yang anda pakai. Untuk itu pada bagian ini akan di bahas tentang dua model sambungan yang sering di pakai pada masyarakat internet yaitu dengan sistem SHELL dan system PPP.

Sistem SHELL
Sistem hubungan ini biasa di gunakan pada jaringan local yang ada pada ISP, internet Cafe, dan pendidikan. Hal ini di sebabkan spesifikasi yang di inginkan dalam jaringan adalah jumlah pemakai banyak, keseragaman pemakai, dan keterbatasan account yang tersedia.
Jenis sambungan ini merupakan penggabungan antara jaringan intranet(LAN) dan jaringan internet, yaitu pemakai menyambung ke server dengan model jaringan intranet (LAN) dengan kabel, selanjudnya server dengan software dan hardwarenya menyambung atau koneksi ke server ISP atau ke server internet.
Server intranet yang menyambung ke server ISP ( model ini biasa di gunakan oleh kantor ISP atau cafe internet milik ISP ), cukup menggunakan satu modem saja dengan satu account. Sedangakan untuk pemakai tidak perlu menggunakan modem, cukup dengan sambungan kabel. Dengan system shell ini, pemakai tidak pelu bersusah payah mensetup modem , dial property, dan lainya tetapi cukup menentukan jenis LAN-Card, jenis sambungan, nomor ip pemakai, dan server serta nomor ip gateway pada control panel network.
Tetapi pada system ini keterbatasan pemakai sangat mungkin tergantung dari software dan hardware yang digunakan oleh server atau tergantung dari istalasi pemakainya, seperti misalnya keterbatasan account menyebabkan kita tidak bias mengakses secara langsung sebuah account yang menyebabkan kita tidak bisa mengakses secara langsung ke sebuah account email dengan software MS-Outlook, tapi hal ini dapat di atasi dengan semakin berkembangnaya program browse internet berikut site-site yang dapat memuat, membentuk, dan menggunakan account email bahkan secara gratis.

Sistem PPP( protocol-to-point protocol )

Bila anda menggunakan hubungan dengan jenis system PPP ini, computer anda benar-benar menjadi bagian dari internet. Saat computer anda terhubung dengan computer server ISP, computer anda menjadi bagian dari internet dengan nama dan alamat hostnya sendiri. System ini bekerja dengan saling berhubungannya protokol computer pemakai dengan protokol computer server dengan menggunakan alat modem.
System PPP ini paling banyak di gunakan karena cukup dengan sebuah PC, sambungan telfon dan modem, anda sudah dapat mengakses internet , tentu jika anda punya account pada suatu ISP. Dengan system ini pemakai dapat menggunakan atau menghubungi penyedia di manapun anda berada. Hanya pada instalasi pemakaian lebih rumit dari pada system shell karena harus mengkonfigurasikan modem, dial property, alamat, dan nama host server ISP yang dituju.
Keterbatasan layanan yang ada ini tergantung dari ISP yang anda koneksi. Apakah ISP anda menyediakan WWW, FTP, IRC, atau yang lainnya. Selama ISP menyadiakan layanan itu, maka secara otomatis pemakai bisa langsung menggunakan, sedangkan untuk system shell tidak, pemakai harus menginstalasi suatu software client sesuai dengan software server yang di gunakan oleh computer server.

Semoga Bermanfaat...!!

0 komentar:

Posting Komentar