Minggu, 01 April 2012

Cara Install Windows Xp Di Asus Eee Pc 1015P


Beberapa hari lalu saya dimintai teman untuk downgrade OS netbook asus Eee Pc 1015p miliknya yang awalnya terinstall Windows 7 ultimate. Dia minta untuk di Reinstall dengan windows Xp karena menggunakan windows 7 ultimate terasa Berat.
Akhirnya netbooknya ditinggal dirumah saya, tidak lama kemudian mulai saya kerjakan. Pertama saya membuat bootable USB dan menggunakan Windows Xp Sp2, setelah membuat bootable USB selesai, saya hidupkan netbooknya lalu masuk BIOS dan mengatur agar boot dari USB. Proses installpun berjalan dengan baik mulai dari memilih partisi, format partisi, sampai copy file dan kemudian restart....

Setelah restart proses install tahap dua di mulai, sampai sini masih lancar saja. Masalah mulai muncul ketika proses
               "Installing Devices"
Proses berhenti di menit 34 dan tidak mau lanjut. Saya pikir mungkin master windows saya yang bermasalah, jadi saya coba buat lagi bootable USBnya dengan master Windows Xp Sp2 yang berbeda. Setelah selesai saya coba lagi menginstall netbook itu. Tapi kejadiannya tetap sama, berhenti lagi di "Installing Devices" pada Menit 34.
Kemudian saya coba lagi install. Tapi dengan cara saya hapus semua partisi kemudian create kembali lalu format dan lanjut menginstall Windows Xp Sp2. Tapi tetap saja proses berhenti.
Wah..kalau begini pusing dah...
Selang sehari netbook itu belum juga beres..
Saya coba install kembali dengan Windows 7 ultimate(OS awal). Ternyata Proses berjalan tanpa kendala, tapi kenapa Windows Xp Sp2 tidak bisa(pikir saya).
Akhirnya saya coba googling dan menemukan tulisan INI.  karena dia juga mengalami hal yang sama dengan saya.
Ternyata permasalahannya ada pada pengaturan BIOS.
hanya perlu mengubah pengaturan :
"Max CPUID Value Limit" menjadi Enabled
Karena pengaturan awalnya adalah disable, jadi harus di ubahnya dengan cara masuk BIOS kemudian pilih Advanced lalu pada Max CPUID Value Limit tekan enter dan ganti Enabled lalu save.
Dan ketika saya coba install lagi Windows Xp Sp2 di netbook ini. Ternyata proses berjalan mulus sampai selesai...
Sebenarnya saya sudah melihat pengaturan ini. Tapi karena keterangannya
"Disable For Windows Xp" jadi saya pikir sudah benar.
Terimakasih buat pemilik blog Hanif Umega yang sudah berbagi pengalamannya..

0 komentar:

Posting Komentar